Tutorial kali ini membahas cara membuat efek hujan. Ada beragam cara cara membuatnya diantaranya dengan menggunakan animasi tween. Tapi pada tutorial ini kita akan menggunakan actionscript untuk membuatnya.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi berkode #0000333. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 | //membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh_root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1); //mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5width = Stage.width*2.5; with (jatuh) { //membuat garislineStyle(1, 0xFFFFFF, 100); lineTo(2, 10); }//membuat variable i dengan nilai kurang dari 250for (i=0; i<50; i++) { //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+iduplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i); //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage_root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width); //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage_root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height); //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10_root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10; //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20_root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20; }onEnterFrame = function () { //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250for (i=0; i<50; i++) { //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan_root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan; //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4_root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4; //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stageif (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) { //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2_root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; //posisi y garis hujan berada di koordinat 0_root["garis_hujan"+i]._y = 0; } //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stageif (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) { //posisi y garis hujan berada di koordinat 0_root["garis_hujan"+i]._y = 0; //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2_root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; } }}; |


19.33
SBI CLASS





0 comments:
Posting Komentar